banner 468x60

POLISI DAN MEMBERI JALAN AMBULAN

banner 468x60

POLISI DAN MEMBERI JALAN AMBULAN

Ada film yang tendensius menyederhanakan masalah, bahwa ada sebagian umat Islam yang menghalangi jalan untuk sebuah kemanusiaan yang universal. Selanjutnya polisi dan umat Islam lainnya menengahi itu semua agar masalah selesai.

Rasanya ini tidak menyentuh permasalahan yang ada sekarang ini. Karena masalah yang ada hanya sebuah penyikapan kepolisian yang tidak ajeg kepada keluhuran hukum. Bahkan disinyalir polisi memihak. Ini inti permasalahannya. Terbukti dalam keberpihakannya itu polisi menghambat jalan umat Islam yang menyuarakan pendapatnya, di banyak momen seperti 212, dst kala itu.

Bukan soal toleransi yang sudah dibuktikan bangsa ini ribuan abad lamanya. Momen 212 dan seterusnya justru membuktikan bahwa umat Islam faham arti menjaga sila ke satu Pancasila dan sila-sila lainnya yang berkaitan dengan toleransi, NKRI dan seterusnya. Lihat perilaku mereka yang tertib teratur dan menghargai pengantin yang akan menikah misalnya.

Jadi framing film itu untuk membuat umat Islam masih punya masalah dengan perbedaan, toleransi, Pancasila dan NKRI terlalu berlebihan. Kalaupun ada 1-2 orang atau kelompok kecil yang tidak setuju dengan demokrasi, dan sistem lainnya, itu hanya kelompok kecil dan berada pada tataran diskusi keilmuan yang pada proporsi mengingatkan kita semua.

Jangan lagi membahas perbedaan agar sama dan jangan lagi membahas yang satu salah dan yang lain benar. Tidak ada lagi faham yang salah, hanya salah faham saja. Yang kemudian kita akan mengerti untuk apa perbedaan itu ada.

Bangsa ini nampak semakin faham arti perbedaan dan berada diambang persatuan yang semakin harmonis dalam menyikapi perbedaan. Justru trik-trik semacam ini yang mengelabui kita. Berkedok sebagai pemegang Panji yang paling pancasilais, paling toleran, paling NKRI. Tapi menyulut perbedaan tetap bergesekan. Mari tingkatkan taqorrub kepada Allah, mohon ditunjukkan pilihan sikap terbaik.

banner 468x60

Author: